Voxnews

Disperindag Kukar Mendukung Program Pertanian Terintegrasi untuk Meningkatkan Kesejahteraan Petani

Foto: Sekretaris Disperindag Kukar, Sayid Fathullah.

Caption: Foto: Sekretaris Disperindag Kukar, Sayid Fathullah.

TENGGARONG – Dukungan kuat terhadap pertanian lokal muncul dari Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Kukar, yang memberikan sokongan penuh pada Program Pertanian Terintegrasi berbasis kawasan.

Program ini merupakan hasil kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) dan Fakultas Pertanian Universitas Gadjah Mada (UGM).

Sekretaris Disperindag Kukar, Sayid Fathullah, mengatakan bahwa program ini adalah langkah penting dalam memajukan sektor pertanian di Kukar, terutama dalam menghadapi dinamika ekonomi wilayah Kawasan Ekonomi Khusus Indonesia Timur (IKN).

“Penggabungan pertanian, perikanan, peternakan, dan pariwisata dalam satu kerangka kerja memberi harapan besar bagi masyarakat, terutama para petani,” ujarnya pada Jumat (13/10/2023).

Disperindag Kukar berkomitmen untuk memperkuat mata rantai pemasaran produk hasil pertanian program ini.

“Kami akan aktif memasarkan produk-produk tersebut dan memberikan pendampingan kepada petani untuk meningkatkan kualitas produk mereka,” ucapnya.

Meski dihadapkan pada kendala seperti penurunan luas lahan pertanian dan kualitas tanah yang menurun, Sayid percaya bahwa dengan sinergi antara Pemerintah Kabupaten Kukar, UGM, dan dukungan berbagai pihak, program ini tidak hanya akan berhasil secara ekonomi, tetapi juga akan meningkatkan kesejahteraan petani serta menciptakan dampak positif dalam pembangunan ekonomi lokal.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews