Voxnews

Disperindag Kukar Luncurkan Program Pendampingan Digital untuk UMKM

Ilustasi Kue Keroncong salah satu UMKM di Kukar.

Caption: Ilustasi Kue Keroncong salah satu UMKM di Kukar.

TENGGARONG – Dalam langkah strategis untuk memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kutai Kartanegara (Kukar) menggagas program pendampingan pemasaran digital.

Program inovatif ini bertujuan untuk mengembangkan jangkauan pasar UMKM melalui platform digital seperti media sosial dan marketplace, dengan partisipasi aktif dari 50 pengusaha lokal.

Kepala Bidang Pemasaran Disperindag Kukar, Mohammad Bustani mengungkapkan, bahwanya inisiatif ini dirancang untuk tidak hanya memperluas pemasaran produk UMKM secara global.

Namun juga untuk membekali mereka dengan pengetahuan esensial mengenai regulasi industri, termasuk sertifikasi halal dan standar keamanan produk.

“Tahun lalu, kami telah berhasil mendampingi 20 UMKM dalam memasarkan produk mereka di dunia digital, dan kini mereka telah mahir dalam memanfaatkan marketplace untuk meningkatkan visibilitas produk,” terang Bustani.

Dirinya menambahkan, dengan pendampingan yang terstruktur, diharapkan para pelaku UMKM dapat tidak hanya memperluas pasar mereka, tetapi juga memperkuat pertumbuhan bisnis dan jaringan pasar mereka secara signifikan.

“Kami optimis bahwa pengetahuan yang diperoleh dari program ini akan menjadi katalis bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan bisnis mereka lebih jauh,” ucapnya.

Inisiatif ini diharapkan dapat menjadi pendorong bagi UMKM di Kukar untuk meningkatkan kompetitivitas mereka di arena pasar digital yang kian sengit.

“Hal ini juga menandai pentingnya integrasi teknologi dalam strategi bisnis untuk mengatasi tantangan zaman yang terus berubah,” pungkasnya. (Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews