Voxnews

Dinsos Kukar Salurkan Sembako ke 1000 KPM, Tujuan Kurangi Kemiskinan Ekstrem

Foto: Kepala Dinas Sosial Kutai Kartanegara, Hamly.

Caption: Foto: Kepala Dinas Sosial Kutai Kartanegara, Hamly.

TENGGARONG – Dinas Sosial (Dinsos) Kutai Kartanegara (Kukar) menyalurkan bantuan sembako kepada 1000 keluarga penerima manfaat (KPM) di wilayahnya. Bantuan ini bertujuan untuk mengurangi kemiskinan ekstrem di Kukar.

Dinsos Kukar melakukan verifikasi dan validasi data terhadap 6 ribu KPM yang ada di P3KE (Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem).

“Kami hanya menyalurkan bantuan kepada kurang dari 1.000 KPM, sedangkan yang lainnya ditangani oleh dinas-dinas lain. Anggaran yang dialokasikan sekitar Rp 3 miliar,” ungkap Kepala Dinsos Kukar, Hamly, Senin (30/10/2023).

Hamly menyatakan, program ini sesuai dengan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4/2022, yang menuntut setiap daerah untuk menganggarkan dana yang difokuskan untuk ribuan penerima bantuan.

“Target pemerintah pusat adalah bebas atau nol persen kemiskinan ekstrem pada 2024,” tuturnya.

Hamly juga menginformasikan, selain Dinsos Kukar, ada juga OPD lain yang memiliki program untuk keluarga miskin. Contohnya, di bidang perikanan, ada bantuan subsidi untuk nelayan dan pembudidaya ikan. Di bidang pertanian, ada bantuan pupuk dan sebagainya.

“Penanganan kemiskinan ekstrem bukan hanya tanggung jawab Dinsos Kukar semata, tetapi semua OPD,” tegasnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews