Voxnews

Data dan Informasi Terpadu di Command Center Tenggarong Seberang

Foto: Kantor Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar.

Caption: Foto: Kantor Kecamatan Tenggarong Seberang, Kukar.

TENGGARONG – Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memiliki Command Center, yaitu sistem yang mengintegrasikan data dan informasi di wilayah Kecamatan Tenggarong Seberang. Command Center merupakan implementasi dari program Satu Data Indonesia (SDI) yang ditetapkan pemerintah pusat.

“Kami ingin meningkatkan pelayanan publik, dengan data dan informasi yang valid, terpadu, dan mudah diakses. Command Center adalah inovasi yang kami hadirkan,” ujar Sekretaris Camat Tenggarong Seberang, Hendra Suryana, Sabtu (28/10/2023).

Hendra adalah reformer (pembangun) inovasi yang mengikuti Diklat Pengelolaan Informasi dan Masalah (PIM) 3 di Lembaga Administrasi Negara (LAN) Kajian Desentralisasi Otonom Daerah (KDOD) Samarinda. Ia mengajak seluruh UPTD di wilayahnya untuk terlibat dalam Command Center.

“Kami telah menyelenggarakan rapat sosialisasi dan menyusun draf perjanjian kerja sama dengan UPTD Pendidikan, UPTD Pertanian dan Peternakan, dan Penyuluh Pertanian dan Peternakan. Mereka antusias dan siap berkontribusi dalam Command Center,” papar Hendra.

Hendra mengatakan, Command Center tidak hanya menguntungkan pemerintah, tetapi juga masyarakat.

“Masyarakat dapat mengakses data dan informasi yang dibutuhkan dengan cepat, akurat, dan transparan. Selain itu, Command Center juga dapat meningkatkan akuntabilitas pemerintah,” imbuhnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews