Voxnews

Ingin Lakukan Perjalanan Jauh, Berikut Tips Dari Astra Motor Kaltim

Foto: Astra Motor Kaltim 2 melalui Safety Riding Officer.

Caption: Foto: Astra Motor Kaltim 2 melalui Safety Riding Officer.

Samarinda – Bagi pengendara sepeda motor, khususnya di wilayah Samarinda, melakukan perjalanan jauh dengan melintasi perkotaan adalah hal yang lumrah. Tak jarang kondisi ini sering terjadi pada sebagian pengemudi, terutama yang tinggal dan bekerja di berbagai kota.

Di satu sisi, keselamatan adalah hal yang terpenting saat bepergian atau melakukan perjalanan jauh melintasi kota dengan sepeda motor. Apalagi jika perjalanannya dilakukan secara rombongan.

Menyadari hal tersebut, Astra Motor Kaltim 2 melalui Safety Managernya membagikan beberapa tips #Search_Safe bagi pengendara sepeda motor yang akan melakukan perjalanan jauh dalam perkotaan dengan tips berikut ini.

1. Menentukan dan Meriset Rute Perjalanan
Hal yang paling penting dan paling awal dilakukan sebelum touring adalah menentukan tujuan dan rute perjalanan yang akan dilewati. Setelah rute tujuan dan rutenya ditentukan Anda harus melakukan riset terkait rute tersebut. Berapa jaraknya, berapa lama waktu yang kira-kira dibutuhkan untuk sampai ke tujuan.
Penting juga untuk mengetahui kondisi jalan dan fasilitas di sepanjang jalur, seperti tempat istirahat, outlet servis, dan SPBU, untuk membantu menentukan anggaran Anda. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah mencari informasi mengenai jalur alternatif jika tiba-tiba jalur utama tidak dapat dilalui.

2. Menentukan estimasi biaya
Banyak pengendara sepeda yang tidak memperhitungkan anggaran yang diperlukan, terutama saat melakukan perjalanan jarak dekat. Karena jaraknya yang dekat sekalipun tidak menutup kemungkinan Anda akan membutuhkan bekal yang mungkin belum Anda persiapkan jika tidak memperhitungkan perkiraan biaya yang akan Anda perlukan.
Biaya bahan bakar, akomodasi, tiket tamasya, makan dan sejumlah uang lainnya sebagai cadangan. Biasanya titik-titik inilah yang diperhitungkan untuk menentukan perkiraan biaya perjalanan. Selain itu, sebaiknya siapkan uang tunai yang cukup karena tidak semua tempat memiliki ATM atau pembayaran non-tunai.

3. Siapkan Alat Komunikasi Alternatif dan Peta Penunjuk Jalan
Alat komunikasi dan peta adalah hal yang terpenting saat ini. Kebanyakan orang menganggap penting untuk tidak melupakan ponsel karena smartphone Anda sudah memiliki alat komunikasi bahkan peta. Namun perlu diingat bahwa tidak semua lokasi memiliki jangkauan sinyal yang baik. Sebaiknya anda menyiapkan alat komunikasi seperti alat komunikasi HT atau Bluetooth yang terpasang pada helm anda. Alasannya karena kedua alat ini akan memudahkan komunikasi antar anggota tim dan jangan lupa membawa peta untuk berjaga-jaga.

4. Perhatikan kesiapan kendaraan
Perhatikan berbagai kesiapan dan kelengkapan kendaraan seperti Surat Izin Mengemudi (SIM) dan STNK, perawatan kendaraan sebelum berangkat tour serta pengecekan ban, bahan bakar, klakson, kunci kontak dan rem. Bawalah beberapa suku cadang penting yang ringan dan cadangan bahan bakar sebelum berangkat agar tidak terlalu banyak membuang waktu di perjalanan.

5. Jaga Kesehatan dan Siapkan Fisik
Sebelum berangkat, pastikan Anda cukup tidur dan siap secara fisik. Saat melakukan perjalanan jauh, Anda juga perlu merencanakan waktu tidur dan istirahat dengan matang. Perjalanan jauh berhari-hari terkadang membuat kita kelelahan hingga imunitas tubuh pun menurun, maka dari itu bawalah vitamin dan obat-obatan ringan.

6. Perhatikan Barang Bawaan
Hitung dengan baik pakaian yang dibutuhkan, jangan terlalu banyak membawa barang karena akan merepotkan diri sendiri saat touring. Sebisa mungkin hindari membawa barang berharga berlebihan. bawalah kamera secukupnya dan jangan lupa membawa charger serta power bank.

7. Berangkat Touring Sepagi Mungkin
Tujuannya adalah agar memiliki waktu untuk mengecek kesiapan team dan memulai touring dalam kondisi tubuh segar dan bugar.

Semoga tips #Cari_Aman di atas dapat membantu bubuhan etam yang ingin melakukan touring atau perjalanan jauh lintas kota. Namun yang tidak kalah penting, jangan lupa untuk tetap patuhi aturan keselamatan berkendara” Tutup Fajrin Nur Huda selaku Safety Riding Officer Astra Motor Kaltim 2.

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews