Voxnews

Bantuan Perahu dan Bibit Udang Kukar: Dorong Kemandirian Nelayan di Kecamatan Muara Badak

Foto: Wabup Kukar, Rendi Solihin.

Caption: Foto: Wabup Kukar, Rendi Solihin.

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung masyarakat perikanan, Minggu, (22/10/2023).

Wakil Bupati Kukar, Rendi Solihin, secara langsung menyerahkan 13 perahu fiber dan 2 juta bibit udang windu kepada nelayan di Kecamatan Muara Badak.

Bantuan ini merupakan bagian dari inisiatif “Dedikasi Kukar Idaman” yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemandirian 25 ribu nelayan produktif di wilayah ini.

Selain itu, program ini juga dirancang untuk mengoptimalkan potensi besar sektor perikanan di Kukar.

“Program ini tidak hanya memberikan bantuan, tetapi juga menciptakan kemandirian bagi masyarakat. Potensi perikanan kita sangat besar, dan kami ingin memastikan potensi ini dimanfaatkan sepenuhnya,” terang Rendi.

Program bantuan ini dijadwalkan akan berlanjut hingga tahun 2024, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kukar Idaman.

“Pemerintah Kabupaten Kukar terus mengidentifikasi kebutuhan masyarakat perikanan di kecamatan-kecamatan lainnya,” ucapnya.

Para penerima bantuan menyambut baik langkah Pemkab Kukar ini. Mereka berharap bantuan ini dapat meningkatkan pendapatan dari usaha perikanan mereka.

“Menerima 13 perahu fiber adalah sebuah keberuntungan bagi kami. Kami akan menggunakan bantuan ini dengan bijak untuk meningkatkan hasil tangkapan kami,” ujar Ketua Kelompok Usaha Bersama (KUB) Kapitan Muda, Mistan.

Mistan juga mengekspresikan harapannya bahwa bantuan dari Pemkab Kukar akan berlanjut di tahun-tahun mendatang, sesuai dengan kebutuhan yang terus berkembang di kalangan masyarakat nelayan.

Dengan langkah ini, Pemkab Kukar terus memperkuat komitmennya dalam mendukung sektor perikanan lokal dan memperjuangkan kesejahteraan para nelayan. Kabupaten ini tetap fokus pada upaya meningkatkan keberlanjutan dan kemakmuran bagi masyarakatnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews