Voxnews

Baharuddin Muin Sarankan Warga Pesisir Cermati Potensi Ekonomi Dari Sampah Perairan

Foto: Baharuddin Muin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Baharuddin Muin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Baharuddin Muin, Wakil Ketua Komisi II DPRD Kaltim, menyarankan warga pesisir melirik potensi ekonomi sampah di perairan. Menurut Muin, pemanfaatan sampah di perairan jadi nilai ekonomi jadi salah satu cara penanganan sampah di sungai dan laut demi keberlangsungan ekosistem perairan.

“Memang lebih banyak fokusnya pada warga pesisir, kalau diperhatikan warga pesisir sudah memiliki kesadaran tidak membuang sampah lagi ke laut. Hanya memang masih ada sampah yang bisa dimanfatkan,” kata Muin, Selasa (14/11/2023).

Muin menjelaskan aneka sampah yang ada diperairan memiliki potensi ekonomi bila dimanfaatkan dengan baik.

“Perlu dipilah nantinya sesuai dengan jenisnya, seperti organik, anorganik, maupun lainnya. Sampah plastik contohnya, ini memiliki nilai jual,” paparnya.

Selain itu, sampai sungai seperti enceng gondok juga merupakan bahan dari industri kreatif berupa kerajinan dan cinderamata.

“Apabila hal tersebut dapat dilakukan, maka satu sisi kebersihan sungai dan laut dapat terjaga kelestariannya, dan disisi lain akan menjadi potensi ekonomi baru yang mampu menyerap tenaga kerja,” tegasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews