Voxnews

PLN Penuhi Pasokan Listrik di IKN Melalui Berbagai Proyek

Foto : PLN IUP KLT.

Caption: Foto : PLN IUP KLT.

JAKARTA – Menjadi suatu hal yang vital jika berbicara pasokan listrik di suatu kawasan. Hal itu juga berlaku di pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). PLN memiliki tugas penting dalam memenuhi kebutuhan tersebut.

PLN harus menjawab tantangan seiring kehadiran IKN. Dengan adanya IKN, sektor pertanian hulu hingga pertumbuhan pariwisata pasti lebih meningkat.

Sebagai penanggungjawab pemasok listrik ke IKN, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Timur (IUP KLT) mencanangkan penyediaan sistem kelistrikan zero down time atau tanpa pemadaman.

Seperti yang disampaikan oleh General Manager PLN IUP KLT, Josua Simanungkalit. Ia menekankan, keandalan sistem kelistrikan di wilayah sekitar IKN harus terjaga dengan baik.

Pihaknya mulai melakukan pembangunan jaringan transmigrasi, gardu induk dan pembangkit. Terdapat 6 proyek pembangunan jaringan transmisi yang membentang dari Kaltim, Kaltara hingga Kalsel. Serta, ada penguatan gardu induk dan penambahan unit di sejumlah pembangkit.

“Langkah percepatan pembangunan perlu dilakukan, mengingat demand tenaga listrik yang terus bertambah. Dengan progres pembangunan IKN, maka sistem kelistrikan yang andal pun harus segera terealisasikan,”papar Josua.

Adapun progress pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan yang dilaksanakan oleh PLN UIP KLT saat ini berjalan lancar.

Beberapa proyek transmisi saat ini tengah memasuki tahap konstruksi, dan secara bertahap berjalan juga kegiatan pengadaan tanah tapak tower serta pembebasan jalur ROW. Mulai dari SUTT 150kV Kariangau – GIS 4 IKN, SUTT 150kV Talisayan – Maloy, SUTT 150kV Tanjung Redeb – Talisayan, SUTT 150kV Tanjung Selor – Tidang Pale, juga SUTT 150kV Grogrot – Sei Durian dan SUTT 150kV Sei Durian – Tarjun yang merupakan looping jaringan di wilayah Selatan.

“Masing-masing pekerjaan dalam pengawasan ketat dari sisi internal dan juga eksternal. Hampir setiap hari kami lakukan check point, sebagai strategi untuk dapat menyelesaikan proyek tepat waktu, sehingga dapat segera memitigasi permasalahan yang terjadi di lapangan,”jelasnya.

Selama proyek berlangsung, PLN rutin berkoordinasi dengan stakeholder terkait untuk membahas strategi dan teknis pelaksanaan pembangunan.

Josua juga memastikan, seluruh proyek diawasi oleh aparat penegak hukum. Guna, menjamin pelaksanaan berjalan sesuai dengan aturan dan perencanaan.(*)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews