Voxnews

Transformasi Pasar Tradisional Kukar, Menuju Era Baru Pengelolaan UPTD

Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah. (Istimewa)

Caption: Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah. (Istimewa)

TENGGARONG – Sebuah langkah maju dalam pengelolaan pasar tradisional di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) sedang berlangsung. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar mengambil inisiatif untuk membentuk empat Unit Pelaksanaan Teknis Dinas (UPTD) Perdagangan yang akan mengambil alih pengelolaan pasar-pasar utama di daerah tersebut.

Empat pasar yang akan segera bertransformasi di bawah UPTD adalah Pasar Tangga Arung, Mangkurawang, Loa Kulu, dan Samboja.

“Kami telah mengusulkan pembentukan UPTD tahun ini, dan saat ini kami sedang dalam proses penempatan personil serta revitalisasi pasar-pasar tersebut,” ujar Pelaksana Tugas Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah.

Dengan pembentukan UPTD, diharapkan pengelolaan pasar akan lebih optimal. Selama ini, 22 pasar di Kukar dikelola oleh Unit Pelayanan Pasar (UPP), yang memiliki kapasitas dan ruang lingkup yang terbatas.

“Kami bertujuan untuk meningkatkan kelas pasar dan memaksimalkan potensinya,” jelasnya, Sabtu (20/4/2024).

Visi kedepannya, UPTD akan menjadikan pasar-pasar ini sebagai contoh teladan di Kukar, tidak hanya dalam penataan dan kebersihan, tetapi juga dalam fasilitas, keamanan, dan kenyamanan.

“Kami ingin menciptakan lingkungan pasar yang mirip dengan Semi Mall, bersih dan nyaman, yang pada akhirnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) karena akan menarik lebih banyak pengunjung dan pedagang,” tutupnya. (Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews