Voxnews

Sinergi OPD Kukar Membentuk Pondasi Data Unggul Melalui Desk Verifikasi Statistik Sektoral

Foto: Suasana Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023.

Caption: Foto: Suasana Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023.

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) terus menggalang upaya untuk mengoptimalkan kualitas data melalui integrasi Satu Data Indonesia (SDI).

Langkah konkret terlihat melalui kerjasama antara tiga Organisasi Perangkat Daerah (OPD) utama di Kukar Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kukar, Badan Pusat Statistik (BPS) Kukar, dan Badan Perencana Pembangunan Daerah (Bappeda) Kukar, yang menggelar kegiatan Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023.

Acara ini resmi dibuka oleh Kepala Diskominfo Kukar, Dafip Haryanto, di Hotel Harris Kota Samarinda pada tanggal 9 Oktober 2023. Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, dimulai dari tanggal 9 hingga 10 Oktober.

Satu Data Indonesia adalah pijakan untuk memastikan data yang berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagikan di antara instansi pusat dan daerah.

Dalam sambutannya, Kepala BPS Kukar, Nurwahid, menyatakan bahwa Desk Verifikasi Meta Data Kegiatan Statistik Sektoral merupakan tonggak penting dalam memperkuat validitas data statistik di tingkat lokal.

“Metadata statistik sektoral memainkan peran sentral dalam memastikan keakuratan dan keandalan data yang digunakan dalam kebijakan dan pengambilan keputusan,” ucap Nurwahid.

“Kami berharap kegiatan ini akan memberikan dorongan positif bagi OPD Kukar dalam memperbaiki dan memperkaya data statistik sektoral, yang pada gilirannya akan mendukung pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Kukar.” terangnya lagi

Dengan semangat sinergi dan komitmen untuk meraih kesuksesan bersama, Pemerintah Kabupaten Kukar yakin bahwa melalui upaya bersama ini, mereka akan mampu melahirkan statistik yang berkualitas, menjadikan Kukar sebagai contoh dalam tata kelola data yang baik dan berdaya guna.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews