Voxnews

Samboja Barat Bersiap Menjadi Magnet Wisata di Jantung IKN

Camat Samboja Barat, Burhanuddin.

Caption: Camat Samboja Barat, Burhanuddin.

TENGGARONG – Menjelang peresmian Ibu Kota Nusantara (IKN), Samboja Barat tidak hanya bersiap sebagai bagian dari kawasan strategis baru, tetapi juga bertransformasi menjadi destinasi wisata yang menjanjikan.

Pemerintah setempat telah mempersiapkan sepuluh objek wisata unggulan untuk menyambut kedatangan warga IKN dan turut serta menggerakkan roda ekonomi lokal.

“Inisiatif ini lahir dari kebutuhan akan ruang rekreasi di IKN. Kami optimis karena Samboja Barat memiliki daya tarik wisata yang kuat,” ujar Camat Samboja Barat, Burhanuddin, Senin (29/4/2024).

Dari pemancingan Widuri hingga pantai Ambalat, daftar objek wisata di Samboja Barat mencakup Batu Dinding, Lamin Etam Ambors, air terjun, Borneo Orangutan Survival (BOS), Ambalat Garden, Ambarawa Resort, Bukit Bengkirai, dan Danau Biru.

“Kami masih memiliki tujuh destinasi lain yang siap dikembangkan,” ucapnya.

Promosi pariwisata Samboja Barat telah dimulai dengan gencar melalui media sosial, termasuk akun Instagram resmi kecamatan, si Patin Sambar (Pusat Informasi Wisata Sambar). Meskipun mengakui bahwa informasi yang ada masih perlu dilengkapi, Burhanuddin menegaskan bahwa detail seperti jarak tempuh dan fasilitas pendukung akan segera diumumkan.

“Kami yakin, kemajuan pariwisata akan secara alami mendorong pemberdayaan komunitas lokal,” tuturnya.

Dengan lokasi yang strategis, tidak jauh dari bandara besar di Balikpapan dan pelabuhan besar Kukar, Samboja Barat siap mengambil peran penting dalam perkembangan IKN.

“Kami percaya, masa depan Samboja Barat akan semakin cerah,” pungkasnya. (Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews