Voxnews

Program SPPDK Pertama Berjalan di Kukar, Upaya Dispora Kaltim Naikkan IPP

Foto: Sekretaris dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, saat hadiri kegiatan Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan di Kukar. (Istimewa)

Caption: Foto: Sekretaris dan Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim, saat hadiri kegiatan Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa/Kelurahan di Kukar. (Istimewa)

KUTAI KARTANEGARA – Dalam pelaksanaan pelatihan tim enumerator Sentra Pemberdayaan Pemuda Desa dan Kelurahan (SPPDK), Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) telah menggelarnya pada Minggu (12/11/2023) kemarin, di Kelurahan Maluhu, Kukar.

Sekretaris Dispora Kaltim, Sri Wartini mengatakan bahwa kegiatan tersebut program pertama kali yang digelar oleh Dispora dengan bertujuan untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP). Sehingga di kawasan Maluhu menjadi kelurahan yang perdana.

Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 12-15 November 2023 itu, merupakan arahan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI agar memiliki data yang presisi tentang pemuda di desa dan kelurahan.

“Yakni terdeteksi berapa pemuda di suatu wilayah tertentu, berapa yang sekolah/putus sekolah, berapa yang bekerja, berwirausaha dan lain-lain. Yang kesemuanya ini akan berdampak dalam pengukuran Indeks Pembangunan Pemuda,” ucap Sri menjelaskan.

Sri juga menerangkan, data yang ada bukan hanya untuk kepentingan di bidang kepemudaan tapi bisa dimanfaatkan oleh stakeholder lain dalam menentukan suatu kegiatan atau program diwilayah tersebut agar tepat sasaran dan bahan kebijakan lebih lanjut.

“Untuk peserta yang ikut pelatihan atau pembekalan selama 4 hari sebelum ke lapangan adalah pemuda-pemuda kelurahan Maluhu yg dipilih langsung oleh Lurah Maluhu,” katanya.

Pada kegiatan tersebut, selain Sri Wartini, juga didampingi oleh Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dispora Kaltim Bahri dan Perwakilan Dispora Kukar. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews