Voxnews

Pemkab Kukar Investasi Rp20 Miliar Revolusi Hijau, Pabrik Rumput Laut di Muara Badak Siap Beroperasi

Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah. (Istimewa)

Caption: Plt Kepala Disperindag Kukar, Sayid Fathullah. (Istimewa)

TENGGARONG – Sebuah langkah maju dalam industri pertanian berkelanjutan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mengumumkan kelanjutan pembangunan pabrik rumput laut di Kecamatan Muara Badak dengan alokasi anggaran yang signifikan. Tahun ini, Pemkab Kukar telah mengucurkan dana sebesar Rp20 miliar untuk mempercepat pembangunan fasilitas penunjang yang akan menopang operasional pabrik.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Sayid Fathullah, menyatakan bahwa pembangunan pabrik yang strategis ini diharapkan rampung pada akhir tahun 2024 dan siap beroperasi di tahun berikutnya.

“Kami sedang melengkapi fasilitas penunjang seperti pagar, mushola, dan semenisasi jalan,” ujarnya pada hari Senin (22/4/2024).

Kendati demikian dirinya mengatakan, bahwasanya pihaknya sangat bertekad untuk menyelesaikan seluruh komponen inti dan pendukungnya pada Desember 2024.

Pabrik rumput laut ini tidak hanya diharapkan dapat meningkatkan nilai jual komoditas lokal tetapi juga menjadi katalis dalam meningkatkan kesejahteraan petani setempat.

Sektor pertanian rumput laut memiliki potensi yang sangat menjanjikan, dan keberadaan pabrik ini diharapkan dapat memaksimalkan potensi tersebut.

“Pabrik ini akan membantu petani rumput laut mendapatkan harga jual yang lebih baik. Kami juga berharap pabrik ini dapat membuka peluang kerja baru dan mengurangi angka pengangguran,” tutupnya. (Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews