Voxnews

MTQ ke-44 dan Raker LPTQ Kukar Digelar di Kota Bangun Darat

Foto: Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono.

Caption: Foto: Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono.

TENGGARONG – Umat Islam di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) akan mengikuti perhelatan besar Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-44 yang akan diselenggarakan di Kecamatan Kota Bangun Darat. MTQ adalah ajang untuk mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup, serta menggali nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah, melalui Sekretaris Kabupaten Kukar, Sunggono, dalam acara ekspose pelaksanaan MTQ ke-44 dan Rapat Kerja Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Kabupaten Kukar di Pendopo Odah Etam Tenggarong, Kamis (2/11/2023).

“Kita sama-sama menyiapkan dan ekspose Kecamatan Kota Bangun Darat sebagai tuan rumah MTQ ke-44,” kata Sunggono.

Ia menambahkan, kesiapan berbagai fasilitas seperti pemondokan kafilah, arena lomba, parkir, kesehatan, keamanan, dan kenyamanan harus diperhatikan agar pelaksanaan MTQ berjalan lancar dan sukses.

Sunggono juga mengatakan, ekspose ini sekaligus menjadi sarana evaluasi atas pelaksanaan MTQ tahun sebelumnya di Kecamatan Loa Kulu. Ia berharap, pelaksanaan MTQ tahun ini bisa lebih baik dari tahun lalu dengan memperbaiki kekurangan dan meningkatkan kelebihan.

Sementara itu, Sekda Kukar mengingatkan kepada seluruh camat dan sekretaris kecamatan selaku ketua LPTQ kecamatan agar mampu mengelola LPTQ dengan baik dan mencetak qori/qoriah dan hafidz/hafidzah dari setiap kecamatan. Ia juga mendorong pembentukan Rumah Qur’an (Baitul Qur’an) sebagai wadah untuk mencari bakat-bakat muda yang bisa menjadi peserta MTQ.

“Rumah Qur’an adalah tempat untuk melahirkan qori/qoriah dan hafidz/hafidzah yang siap mengikuti MTQ,” tutupnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews