Voxnews

Jelang Akhir Tahun, Samsun Minta Pemprov Kaltim Pastikan Ketersediaan Beras

Foto: Ilustrasi suasana gedung bulog di Samarinda.

Caption: Foto: Ilustrasi suasana gedung bulog di Samarinda.

SAMARINDA – Jelang akhir tahun selalu dihiasi kenaikan harga dan kelangkaan stok bahan pokok di pasaran. Apalagi adanya dua perayaan besar di bulan Desember.

Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim, meminta Pemprov Kaltim memastikan ketersediaan stok beras di pasaran menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2024.

Samsun mengatakan kemarau yang menerjang Bumi Mulawarman dipastikan turut berpengaruh pada penurunan produksi beras.

Dirinya meminta Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk merancang strategi yang efisien guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Kaltim.

“Saat ini yang perlu diperhatikan adalah ketersediaan stok beras menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Samsun, Rabu (8/11/2023).

Samsun menekankan diperlukan langkah-langkah antisipasi harus dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya terkait dengan perayaan-perayaan khusus seperti Lebaran atau Natal.

“Keberlanjutan pasokan pangan sepanjang tahun perlu menjadi perhatian utama,” jelasnya.

Meskipun Kaltim selama ini sering mendatangkan beras dari luar wilayah ketika stok menipis, namun Samsun mengatakan bahwa fokus utama harus selalu diberikan pada produksi beras lokal.

“Produksi beras lokal mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dan merupakan langkah yang diperlukan untuk memastikan ketersediaan beras yang stabil di wilayah Kaltim,” tegasnya.

“Dengan begitu produksi pangan lokal dapat meningkat dan kualitasnya tetap terjaga untuk keberlanjutan masyarakat Kaltim yang berdaulat,” pungkasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews