Voxnews

Indeks Kompetensi Digital ASN Kukar 2023, Inovasi Pertama di Indonesia

Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah.(Istimewa)

Caption: Foto: Bupati Kukar, Edi Damansyah.(Istimewa)

TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) mencetak sejarah sebagai daerah pertama di Indonesia yang melaksanakan pengukuran Indeks Kompetensi Digital Aparatur Sipil Negara (ASN) Tahun 2023. Pengukuran ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia (SDM) ASN Kukar di lima area kompetensi digital. Pelaksanaan pengukuran ini dilakukan oleh Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kukar bekerja sama dengan Yayasan Rumah Inovasi Digital.

Bupati Kutai Kartanegara, Edi Damansyah, mengatakan bahwa pengukuran Indeks Kompetensi Digital ini merupakan inovasi yang patut disambut baik oleh masyarakat Kukar. Pasalnya, inovasi ini akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pelayanan publik dan pemerintahan di lingkungan Pemkab Kukar.

“Ini adalah bentuk transformasi digital yang sesuai dengan arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Aparatur Sipil Negara harus meningkatkan kompetensi digital agar siap menghadapi Indonesia Emas 2045 dengan memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi,” ujar Edi.

Edi juga mengapresiasi proses pengukuran yang berlangsung cepat dan efisien. Hanya dalam satu hari (4/8/2023), dari pukul 08.00 hingga 16.00 WITA.

“kita berhasil mengukur Indeks Kompetensi Digital dari 10.303 ASN Kukar, dari total populasi 12.500 pegawai PNS dan PPPK,” ungkapnya.

Terakhir Edi mengungkapkan, hasil pengukuran tersebut meliputi 94 unit kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kukar, yaitu tujuh badan, 24 dinas, satpol PP, dua setda dan setwan, 18 kecamatan, tiga RSUD dan 18 Puskesmas, 20 UPT Pendidikan, dan Inspektorat.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews