Voxnews

Hitungan Bulan Pemilu 2024, DPRD Kaltim Ingatkan Masyarakat Bahaya Pemberitaan Hoaks

Foto: Marthinus, Anggota DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Marthinus, Anggota DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Pemilu 2024 semakin dekat, kurang dari empat bulan masyarakat Indonesia merayakan pesta demokrasi lima tahunan. Mendekati jadwal pemungutan suara, turut diiringi makin ancaman berita hoaks di tahun politik.

Anggota DPRD Kaltim, Marthinus, mengimbau seluruh masyarakat agar dapat menyaring informasi secara mendalam.

“Momentum tahun politik, informasi hoaks itu pasti akan bermunculan, jadi masyarakat harus cerdas dengan hal semacam itu,” kata Marthinus.

Menurutnya, memasuki tahun politik informasi hoaks menjadi satu aspek penting yang harus diperhatikan, karena dampaknya akan menyebabkan perpecahan dalam kehidupan masyarakat.

Terlebih lagi, ujarnya, tahun 2024 gelombang politik yang dihasilkan pasti akan sangat tinggi.”Hoaks ini kan mampu menciptakan perpecahan sesama kelompok atau golongan lainnya,” ungkapnya.

Lanjut dijelaskannya, agar dampak berita bohong tidak mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat, maka perlu adanya edukasi kepada masyarakat secara serentak dan menyeluruh.

Ia berharap masyarakat tidak mudah terpengaruh atas apa yang tersebar di dunia maya. Karena bisa saja hal tersebut merupakan informasi hoaks yang sengaja disebarkan demi kepentingan satu kelompok.

“Kita harus cerdas dalam menelan informasi yang didengar. Jangan sampai merugikan diri sendiri dan orang lain,” tutupnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews