Voxnews

Ely Hartati Rasyid Minta Pemda Lakukan Pembinaan dan Bantu Nelayan di Kukar

Foto: Ely Hartati Rasyid, Anggota Komisi II DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Ely Hartati Rasyid, Anggota Komisi II DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Peningkatan sektor perikanan dan kelautan tengah digenjot di Kutai Kartanegara. Untuk itu, Ely Hartati Rasyid, Anggota Komisi II DPRD Kaltim, mendorong Pemprov Kaltim dan Pemkab Kukar, turut memberikan perhatian pada nelayan.

Salah satunya dengan memberikan fasilitas yang dapat meningkatkan produktivitas para nelayan. Seperti perahu, jaring, mesin, dan alat tangkap lainnya.

“Pemerintah kita punya kewajiban untuk memfasilitasi mereka, supaya para nelayan ini bisa lebih mandiri,” kata Ely, Selasa (7/11/2023).

Selain itu, Ely menyebut pentingnya pembinaan dan sosialisasi dari pemerintah terkait dengan pengelolaan sumber daya perikanan yang berkelanjutan.

Dirinya menegaskan, para nelayan harus diberikan pemahaman tentang cara menangkap ikan yang ramah lingkungan dan tidak merusak ekosistem laut maupun sungai.

“Pemerintah harus memberikan pembinaan untuk menggenjot produksi para nelayan. Serta mengarahkan cara menangkap ikan dengan fokus sirkulasi ekosistem tetap dijaga,” tegasnya.

Ely mencontohkan, para nelayan harus menghindari penggunaan bahan kimia dan bahan peledak yang dapat membunuh ikan secara massal dan merusak habitatnya. Praktik seperti itu hanya akan merugikan para nelayan kelak.

“Beri mereka pemahaman, bahwa racun dan bom ikan hanya akan membuat tangkapan banyak dalam waktu singkat. Selanjutnya sudah tidak dapat menangkap ikan lagi,” pungkasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews