Voxnews

DPRD Kaltim Usulkan Bendungan Sungai Talake Paser-PPU Kembali Dibangun

Foto: Bagus Susetyo, Anggota Komisi III DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Bagus Susetyo, Anggota Komisi III DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Pembangunan Bendungan Talake di perbatasan Penajam Paser Utara dan Paser, telah lama mangkrak. Padahal bendungan gerak ini diproyeksi sebagai sumber air untuk pertanian di dua kabupaten tersebut.

Untuk itu, Bagus Susetyo, Anggota Komisi III DPRD Kaltim, mendorong pembangunan Bendungan Sungai Talake kembali dilanjutkan, dalam rangka mendukung kedaulatan pangan di Bumi Mulawarman.

“Bendung Sungai Talake berpengaruh besar pada peningkatan hasil panen petani di Babulu. Sebab selama ini pengairan sawah petani menggunakan sistem tadah hujan,” terang Bagus Susetyo.

Bagus mengatakan, Bendung Sungai Talake merupakan salah satu proyek strategis nasional yang telah direncanakan sejak lama, namun belum terealisasi hingga saat ini.

Padahal, bendungan ini dapat meningkatkan luas lahan sawah yang ada di Kecamatan Babulu dan sekitarnya.

“Kami mengusulkan agar Bendungan Sungai Talake, dibangun oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dengan anggaran Rp 2 triliun,” jelasnya.

Dengan begitu, bendungan seluas 74,307 hektare ini mampu mencetak sawah-sawah petani baru di PPU dan Paser, hingga 4.000 hektare.

“Bendung gerak Sungai Talake merupakan upaya strategis agar Kaltim bisa meningkatkan produksi gabah,” jelasnya.

Bagus Susetyo menegaskan pembangunan Bendung Sungai Talake juga dapat memberikan manfaat lain seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA) dengan kapasitas 1,5 megawatt.

“Kami tidak ingin pembangunan bendungan ini hanya menjadi wacana tanpa realisasi,” tegasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews