Voxnews

DPRD Kaltim Minta Pemerintah Pusat Tak Lupakan Dampak Sosial Dari IKN

Foto: Sarkowi V Zahry, Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim.

Caption: Foto: Sarkowi V Zahry, Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim.

SAMARINDA – Pemerintah RI kebut pembangunan infrastruktur dasar di Ibu Kota Nusantara (IKN). Pada awal November ini, Presiden Jokowi bahkan melakukan peletakan batu pertama sejumlah proyek tahap dua di IKN.

Sarkowi V Zahry, Sekretaris Komisi III DPRD Kaltim, mengingatkan pemerintah pusat tidak hanya mengebut pembangunan infrastruktur di IKN.

Sarkowi menyebut pemerintah pusat juga harus memperhatikan aspek sosial dan pembangunan di daerah penyangga.

“Seperti konsep yang sudah digagas dari awal rencana pembangunan, konsep tersebut menggagas yang sangat lengkap,” kata Sarkowi, Jumat (3/11/2023).

Sarkowi menekankan pentingnya mengintegrasikan konsep forest city yang dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat nusantara dalam jangka waktu yang panjang.

“Kita harus melihat proyek IKN sebagai sesuatu yang harus memberikan manfaat bagi generasi-generasi mendatang. Pembangunan IKN tidak boleh hanya memprioritaskan infrastruktur semata,” paparnya.

Selain itu, manfaat IKN diharapkan bisa memberikan manfaat ke Kaltim, termasuk 10 kota dan kabupaten.

“Pemerintah  bertanggung jawab untuk memastikan bahwa IKN memberikan kesejahteraan dan pembangunan berkelanjutan,” tegasnya.

Untuk itu, pembangunan IKN dapat diimplementasikan dengan baik oleh pihak yang berwenang, yakni Badan Otorita IKN.

“IKN diharapkan bisa menjadi contoh pembangunan yang menggabungkan infrastruktur modern, pelestarian alam, dan kesejahteraan masyarakat yang berkelanjutan,” pungkasnya. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews