Voxnews

Dispora Kaltim Harapkan Olahraga Bisa Bermanfaat Untuk Masyarakat

Foto: Kurash Kaltim saat laksanakan Rakerprov. (Istimewa)

Caption: Foto: Kurash Kaltim saat laksanakan Rakerprov. (Istimewa)

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga dan Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim) terus menekan terhadap pembinaan atlet di Bumi Etam agar bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat luas.

Hal tersebut seperti yang diucapkan oleh Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Kaltim, Bagus Sugiarta dalam kegiatan rapat kerja provinsi pengurus Federasi Kurash Seluruh Indonesia (Ferkushi) Kaltim.

Rakerprov tersebut berlangsung pada belum lama ini di Kantor DLH Kaltim, Jalan MT Haryono, Samarinda.

Dalam sambutan itu Bagus mengatakan, pengurus organisasi juga harus memikirkan bagaimana membudayakan olahraga ke masyarakat. Selain menjaga eksistensi dari cabang olahraga (cabor).

“Tentu eksistensi dengan menjaga kepentingan atlet, kurash juga bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” ucap Bagus.

Bagus melanjutkan, pada dasarnya Dispora terus berupaya mendukung peningkatan prestasi olahraga Benua Etam. Namun, mewujudkan masyarakat yang sehat dan gemar berolahraga, tak boleh dikesampingkan, sebagai elemen dalam menunjang pembangunan daerah.

Sebagai tindak lanjut dari amanah Kadispora tersebut, Ferkushi Kaltim kemudian mengejawantahkannya dalam bentuk program kerja.

Selain berkonsentrasi pada persiapan menghadapi PON XXI/2024, di mana kurash berhasil meloloskan enam atletnya di babak kualifikasi, ada beberapa poin penting yang juga ingin dicapai organisasi.

Seperti disampaikan Sekum Pengprov Ferkushi Kaltim, Rudi Hartono, hal mendesak adalah pelaksanaan Musyawarah Provinsi Luar Biasa (Musprovlub) Ferkushi Kaltim.

Menurutnya, pemilihan pimpinan baru harus segera dilakukan, mengingat ketua saat ini tak bisa menjalankan fungsinya, dikarenakan berhalangan tetap.

“Kami tentu tak ingin, persiapan menuju PON tahun depan, terkendala persoalan administratif karena kekosongan organisasi,” katanya Rudi.

Hal lainnya, adalah membentuk kepengurusan di tiga kabupaten, PPU, Kubar dan Mahulu, agar olahraga ini bisa dikenal dan akhirnya mencetak atlet-atlet di masa depan.

Dalam Rakerprov ini juga sudah dijadwalkan untuk pelaksanaan Musprovlub bakal digelar pada bulan depan. Kegiatan itu akan digelar di Kabupaten Paser, sekaligus sebagai rangkaian pelantikan kepengurusan Pengcab Ferkushi setempat dan kejuaraan daerah.

“Satu lagi, sebagaimana pesan dari Dispora, kami juga mengagendakan kunjungan ke sekolah-sekolah untuk memperkenalkan kurash sebagai cabor baru.”

“Dengan begitu, nantinya kehadiran kurash bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dan diharapkan bisa mengharumkan nama Kaltim dengan lahirnya atlet-atlet berprestasi,” ujar Rudi memungkasi. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews