Voxnews

Dispora Kaltim Gelar Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula Secara Gratis

Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat melakukan pelatihan pembuatan kursi tanpa di pungut biaya.

Caption: Foto: Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, saat melakukan pelatihan pembuatan kursi tanpa di pungut biaya.

SAMARINDA – Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Dispora Kaltim), melalui Bidang Pengembangan Pemuda terus mendongkrak pola pikir pemuda dan pemudi di Benua Etam melalui kegiatan inspiratif yakni seminar kewirausahaan, sebagai bentuk pengembangan diri untuk menjadi seorang pengusaha serta mampu menciptakan lapangan kerja sendiri.

Dalam waktu dekat ini, Kabid Pengembangan Pemuda Dispora Kaltim, Rasman, akan melaksanakan agenda Pelatihan Pemuda Wirausaha Pemula Tahun 2023 di Kabupaten Kutai Timur.

Di mana nantinya ada 2 kecamatan yakni Long Mesangat dan Busang, dari tanggal 13 hingga 25 November 2023 dengan waktu yang disesuaikan.

Rasman menjelaskan pelatihan tersebut dalam rangka memberikan skill bagi pemuda-pemuda yang ada di 2 kecamatan tersebut untuk bisa membuka usahanya sendiri.

“Full hari itu. Supaya pemberian materinya tak tergesa-gesa, pesertanya pun tidak hanya separuh-separuh. Jadi betul-betul pure (murni) menerima materi karena kepentingan mereka,” ucap Rasman.

Diketahui, di Long Mesangat akan diadakan 5 bidang pelatihan. Yaitu bidang sablon dan desain, bidang peternakan, bidang tata boga, bidang perbengkelan dan bidang makeup artist.

Sementara untuk di Busang sendiri bakal diadakan 4 bidang pelatihan. Antara lain bidang mengukir, bidang perikanan, bidang peternakan dan bidang perbengkelan.

Pesertanya sendiri berjumlah 180 orang yang telah didata oleh Dispora Kaltim. Jumlah tersebut berasal dari berbagai desa dari 2 kecamatan tersebut.

“Dari Desa Sumber Agung, Tanah Abang, Sumber Sari, Mukti Utama, Segoi Makmur, Mekar, Senambah, Kelinjau. Ada pula Long Nyelong, Long Lees, Long Pejeng, Long Bentuk, Rantau Sentosa, Longpoq Baru, Teluk Baru dan Long Tesak,” ujarnya.

Menjadi perhatian adalah biaya dari seluruh pelatihan tersebut. Rasman menegaskan bahwa seluruh pelatihan ini tidak memungut biaya sepeserpun alias gratis kepada peserta.

“Gratis ini. Seperti di tata boga itu, bahkan kita kasih alat kepada pesertanya. Mereka dilatih untuk bisa membuat 10 jenis produk kuliner,” katanya. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews