Voxnews

Desa Sumbersari Tumbuhkan Pangan dan Tanaman Hias dengan Kearifan Lokal

Foto: Ilustrasi pertanian.

Caption: Foto: Ilustrasi pertanian.

TENGGARONG – Desa Sumbersari yang berlokasi di Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, tumbuhkan pangan dan tanaman hias dengan kearifan lokal. Desa ini mampu menghasilkan beragam pangan dan tanaman hias yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

Desa Sumbersari masuk dalam 15 desa unggulan di Kecamatan Loa Kulu yang diberdayakan oleh pemerintah daerah.

Setiap desa memiliki sektor istimewa yang disesuaikan dengan kondisi dan cita-cita masyarakatnya.

Pemerintah daerah melalui Camat Loa Kulu, Ardiansyah, telah memberikan bantuan dan fasilitas kepada Desa Sumbersari untuk memperkuat sektor pertanian dan holtikultura.

Hal ini dilakukan untuk menjadikan desa tersebut sebagai desa mandiri dan siap berkontribusi dalam rencana pemindahan ibu kota negara ke Kalimantan.

“Kita sudah memfasilitasi semua kegiatannya, baik infrastrukturnya, baik itu bantuan dari pemerintah kabupaten melalui Pak Bupati, OPD hingga dinas-dinas yang terkait, maupun dari kebijakan kewenangan dari pemerintah daerah,” jelas Ardiansyah.

Ardiansyah berharap, Desa Sumbersari dapat menjadi motivasi bagi desa-desa lain di Kecamatan Loa Kulu maupun di Kabupaten Kukar.

Dengan tujuan untuk mengoptimalkan potensi yang mereka miliki. Dengan demikian, desa-desa dapat berpartisipasi dalam pembangunan daerah dan nasional.

“Untuk harapannya sendiri ke desa-desa yang lain, tiru di mana ada kearifan lokal yang harus bisa dikembangkan untuk mendapatkan penghasilan desa. Baik melalui pariwisata, pertanian, perikanan maupun perkebunan. Dan untuk kedepannya desa itu bisa lebih maju lagi dari sekarang, artinya bisa menciptakan desa yang mandiri,” imbuhnya sebagai penutup.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews