Voxnews

Buka Peluang Baru bagi Petani, Pemkab Kukar Bangun Pabrik Pengolahan Rumput Laut

Foto: Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma.

Caption: Foto: Kepala Disperindag Kukar, Arfan Boma.

Kutai Kartanegara – Kabar baik bagi para petani di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kukar tengah mempersiapkan langkah besar dalam mendukung sektor pertanian lokal melalui pembangunan pabrik pengolahan rumput laut terbaru.

Proyek sebesar Rp 22 miliar berskema Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) ini bertujuan meningkatkan produksi pertanian dan menciptakan peluang ekonomi baru bagi masyarakat.

Proyek ini bukan hanya sekadar pabrik pengolahan rumput laut, namun juga menjadi solusi inovatif yang mengintegrasikan teknologi mutakhir dalam proses pengolahan.

“Dengan mesin-mesin terbaru, pabrik ini tidak hanya akan meningkatkan kualitas hasil olahan rumput laut tetapi juga membuka peluang baru bagi para petani untuk menciptakan produk bernilai tambah,” ucap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kukar, Arfan Boma.

Arfan Boma menjelaskan, pabrik pengolahan rumput laut ini bukan hanya tentang produksi, tetapi juga mengenai pelatihan dan peningkatan keterampilan.

“Kami akan mengadakan program pelatihan bagi petani lokal untuk memaksimalkan hasil pertanian mereka,” jelasnya.

Proses pengadaan mesin dan peralatan untuk pabrik ini direncanakan dimulai pada awal tahun 2024. Begitu pabrik beroperasi, akan menciptakan sejumlah lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi lokal.

Pabrik ini juga diharapkan akan memperkuat ketahanan pangan lokal dan membantu mencapai kesejahteraan ekonomi bagi petani di wilayah Muara Badak.(Adv/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews