Voxnews

Yuk, Sisihkan Gajimu Demi Tabungan Masa Kini Hingga Tua !

Ilustrasi Menabung (Istimewa)

Caption: Ilustrasi Menabung (Istimewa)

Hai Vox and Voxy! Apa kabar awal bulan Februari ini? Senang ya habis gajian ? Hehehe enak tuh shopping! Tapi kalian pernah nggak menyisihkan gaji kalian untuk menabung supaya aman sejahtera kehidupan hingga jangka panjang?

Pernah tapi gagal? Karena ada aja pengeluaran yang mau tidak mau ambil dari uang tabungan itu. Sama sih hehehe. Tetapi dengan tahun 2024 ini, masa gitu gitu mulu ya?

Kita bisa mulai kembali nih untuk menabung lagi dengan konsisten. Di sini ada beberapa cara yang bisa kalian gunakan supaya menabung kalian konsisten dan hasilnya lebih membahagiakan.

1. 50 30 20

Ini merupakan prinsip 50/30/20. Prinsip yang dipopulerkan Amelia Warren Tyagi dari bukunya berjudul “All Your Worth : The Ultimate Lifetine Money Plan”. Prinsip pembagian cocok banget buat kalian mengatur keuangan !

Prinsip ini punya aturan dasar. 50 persen gaji kalian digunakan untuk belanja kebutuhan sehari-hari, 30 persen untuk keinginan kalian dan 20 persennya disisihkan tuh buat nabung!

2. Nabung Ala Orang Jepang

Jangan hanya cinta sama anime dari Jepang saja, coba yuk mengambil inspirasi menabung yang banyak dilakukan oleh ibu rumah tangga di Jepang. namanya kakeibo, yang artinya buku besar atau catatan keuangan rumah tangga.

Simpelnya, ini bersifat layaknya jurnal keuangan. Mungkin sedikit ribet bagi kalian yang gak suka capek, tapi yakin deh ini membuat kalian lebih bijaksana untuk mengeluarkan uang.

Ada 5 langkah metode kakeibo ini :
– Catat seluruh pemasukan yang kamu terima di awal bulan, baik dari pemasukan rutin. Seperti gaji bulanan maupun penghasilan tambahan
– Sisihkan uang yang ingin kamu tabung di bulan tersebut
– Alokasikan sisanya ke dalam beberapa pos pengeluaran yang terbagi menjadi 4 kategori yaitu :

– Siapin beberapa amplop untuk simpan alokasi dana sesuai kategori tersebut. Jangan lupa untuk kreasikan tiap amplopnya biar bisa dibedakan ya!
– Di akhir bulan, evaluasi aktivitas keuangan yang kamu lakukan. Lihat deh di amplop itu yang mana yang kalian berhasil menghemat banyak dan mana yang menghabiskan lebih dari budget

Kalau kalian konsisten, kalian berhasil nggak jadi orang yang boros dan bisa menghemat lebih banyak uang!

3. Soft Saving Asal Kesehatan Mental Terjaga

Vox and Voxy pingin nabung tapi tetap juga ingin berpuas-puas untuk menyenangkan diri di masa muda ? Oke fine. Ada jawabannya, soft saving.

Soft saving ini cara yang banyak diterapkan sama Gen Z ! Dimana mereka lebih memilih menabung sedikit untuk masa depan sambil menikmati hidup sekarang.

Melalui soft saving, diklaim membuat nabung itu nggak bikin stres dan tidak mengganggu kesehatan mental. Karena lebih fokus kualitas hidup dibandingkan mengumpulkan duit.

Tapi ini bukan berarti boros ya ! Karena, kalian bisa membuat planning mau ngapain dan kemana, kalian pasti tahu kan butuh duit ? Jadi kalian lebih wise untuk ngelola uang dan bisa nyisihkan uang untuk masa depan. Pelan-pelan asalkan ada yang ditabung lah ya heheh.

Vox and Voxy, semakin lama harga kebutuhan hari-hari pasti meningkat. Inilah yang perlu kita antisipasi! Jangan terlalu hemat sampai kalian stres dan kelaparan! Jangan pula boros sampai nggak ada uang di pertengahan bulan! Please, be wise ya untuk kelola uang dan sisihkan buat tabungan masa depanmu.

Penulis : Tim Vox

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews