Voxnews

Perlunya Pikir Ulang Menggunakan Produk Sabun Kewanitaan Tiap Hari !

Foto : ILUSTRASI VAGINA. (Ist)

Caption: Foto : ILUSTRASI VAGINA. (Ist)

Hai Voxy ! Sebagai seorang perempuan, menjaga kesehatan dan kebersihan Miss V atau area kewanitaan kita adalah hal yang penting. Banyak cara yang bisa dilakukan. Dari rutin mengganti celana dalam, membersihkan vagina, dan menjaga pola hidup yang sehat.

Banyak juga kok yang menjaga Miss V dengan menggunakan sabun pembersih kewanitaan. Agar harum dan mencegah terjadinya keputihan. Tetapi apakah aman dan baik kalau digunakan setiap hari ?

Voxy, kalian tahu nggak sih ? Miss V kita tu sebenarnya punya bodyguard loh ! Namanya Lactobacilli. Dia ini adalah bakteri yang memiliki peran penting untuk perlindungan Miss V.

Si Lactobacilli ini bisa menjaga kadar asam di area Miss V agar organisme lain tidak dapat tumbuh di area tersebut. Bisa menghasilkan bakteriosin, yakni sejenis antibiotik alami untuk menangkal masuknya bakteri jenis lain yang berbahaya. Dia juga menghasilkan zat yang mampu menghentikan pertumbuhan bakteri lain di dalam dinding Miss V.

Keren kan? Nah.. bakteri ini lama kelamaan bisa tidak berfungsi secara maksimal, bahkan mati, jika kita menggunakan sabun pembersih kewanitaan setiap hari.

American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG) menyarankan agar kamu menggunakan itu hanya sesekali saja dan khusus untuk bagian luar Miss V. Karena kamu tetap perlu mengontrol jumlah bakteri yang ada di area Miss V itu.

Karena banyak yang terjadi kalau bakteri ini mati. Seperti infeksi vagina, penykit radang panggul, meningkatkan risiko komplikasi kehamilan, vagina kering, dan risiko penyakit kelamin.

Bagaimana caranya ? Kamu membersihkan Miss V dengan air hangat setiap kali mandi. Alurnya pun harus diperhatikan. Cara membersihkan Miss V itu dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jangan lupa juga untuk mengeringkan area intim sebelum kamu menggunakan celana dalam.

MASIH BISA KOK MENGGUNAKAN SABUN KEWANITAAN

Voxy nggak mau lepas dari sabun pembersih kewanitaan?It’s ok, gwenchana. Asal tidak tiap hari dan pilih sabun kewanitaannya yang tepat, kalian masih boleh kok menggunakan sabun tersebut.

Catat nih apa saja yang harus kalian perhatikan untuk pilih sabun kewanitaan yang bagus !

1. Ada Kandungan Daun Sirih

Hsil penelitian menyatakan bahwa air rebusan daun sirih mempunyai sifat antiradang, antibakteri dan antijamur yang ampuh mengatasi keputihan yang disertai dengan bau tidak sedap dan gatal.

2. Ada Kandungan Lactic Acid

Kandungan ini mampu mencegah tumbuhnya bakteri jahat dan menjaga kadar asam basa (pH) di area Miss V. Jadi, infeksi yang menyebabkan keputihan tidak normal bisa dicegah.

3. Kalau Ada Unsur Wewangian, Jangan Ambil

Kadungan wewangian atau parfum pada sabun kewanitaan ini bisa membuat kulit di area Miss V kamu jadi iritasi loh ! Dan, ganggu kadar pH di area situ. Awalnya wangi, endingnya kesehatan Miss V-mu terganggu.

4. Jangan Pilih Kalau Ada Sodium Lauryl Sulfate (SLS) dan Sodium Laureth Sulfate (SLES)

Kedua kandungan ini membuat minyak alami yang ada pada kulit, khususnya di area Miss V, akan hilang loh ! Nanti kulit di area intim Voxy bisa kering dan iritasi.

5. Lactobacilli Bisa Pergi Kalau Ada Antibakteri

Si Penjaga Miss V, Lactobacilli bisa hilang kalau kalian menggunakan sabun kewanitaan yang mengandung antibakteri. Hilangnya bakteri baik ini, akan menyebabkan timbulnya infeksi.

Jadi Voxy, kalian harus bijaksana ya untuk memilih sabun kewanitaan demi menjaga kesehatannya Miss V !

Penulis : Tim Vox

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews