Voxnews

Panahan Kaltim Targetkan 2 Emas di Pra PON Jabar

Foto: Ketua Pengprov Perpani Kalimantan Timur, Sutomo Jabir.

Caption: Foto: Ketua Pengprov Perpani Kalimantan Timur, Sutomo Jabir.

SAMARINDA – Dalam pelaksanaan pelepasan kontingen panahan Kalimantan Timur (Kaltim) di Samarinda pada Kamis (09/12/2023), Ketua Umum KONI Kaltim Rusdiansyah Aras turun lansung melepas sebanyak 24 pemanah untuk bersiap menghadapi babak kualifikasi (BK) PON, di Bogor, Jawa Barat.

Menghadapi BK PON di Bogor yang akan terselenggara dari 17-27 November 2023 nanti, Ketua Pengurus Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kaltim, Sutomo Jabir mengatakan bahwa jika cabornya menaruh target 2 emas, melebihi target yang dicanangkan KONI.

“Jelas indikatornya medali. Targetnya yang menjadi acuan itu emas kalau perak perunggu itu ngikut. Ketua KONI tadi 1 target emas kalau saya melihat potensi 2 emas bisa,” ucap Sutomo.

Hasil tersebut diyakininya bisa tembus, sebab melalui 2 kali tahapan seleksi tentu saja baginya bisa menurunkan pemanah yang berkualitas dan potensial.

“Menurut kita sudah melakukan seleksi yang ketat dari tahap 1 tahap 2 kita lakukan sehingga kita harapkan semua yang lolos ini berpotensi mendapatkan medali,” katanya.

Lebih lanjut, Sutomo Jabir juga menerangkan bahwa atlet yang diberangkatkan ini didominasi oleh atlet-atlet baru yang perdana ikut ke Pra PON.

Sementara untuk pemanah senior lainnya yang memiliki jam terbang lebih tidak lolos pada tahapan selekprov yang digelar beberapa bulan lalu.

“Peserta kita banyak wajah baru, bahkan wajah lama yang ikut di PON Papua yang dapat medali saya lihat tidak lolos seleksi. Saya sampai tanya binpres padahal dia banyak jam terbangnya kemudian kemampuan pasti bagus,” katanya Sutomo menjelaskan.

Kendati demikian, Ia bersama pengurus lainnya yakin dengan atlet-atlet yang diberangkatkan ini mampu memenuhi keinginan serta target yang diharapkan .

“Saya pikir atlet yang lolos itu punya kualitas yang hampir sama merata dan ini merata dari kabupaten/kota mulai dari Paser dan dari semua kabupaten/kota ada semua perwakilan. Kalau dulu hanya Samarinda, Balikpapan, Kukar dan Kutim,” ujarnya.

Pengurus Perpani juga sangat berterimakasih atas dukungan yang diberikan kepada atletnya selama proses persiapan Pra PON ini kepada KONI dan Dispora Kaltim, yang selalu memberikan dukungan baik melalui peralatan maupun fasilitas latihan. (Re/Adv Dispora Kaltim)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews