Voxnews

Melalui Mahakam Investment Forum, Nidya Listiyono Optimis Investor Berdatangan

Foto: Nidya Listiyono menghadiri Mahakam Investment Forum.

Caption: Foto: Nidya Listiyono menghadiri Mahakam Investment Forum.

SAMARINDA – Beberapa waktu lalu DPMPTSP Kaltim menggelar Mahakam Investment Forum (MIF). Agenda ini hasil kerjasama DPMPTSP Kaltim dan Bank Indonesia Kaltim.

Nidya Listiyono, Ketua Komisi II DPRD Kaltim, turut menghadiri forum yang dihadiri 100 investor serta buyer asing dan domestik hingga perwakilan duta besar sejumlah negara.

Nidya mengatakan MIF jadi ruang 10 kabupaten/kota memamerkan potensi investasi di daerahnya.

“Keuntungan-keuntungannya apa saja. Misalnya daerah A punya ini, daerah B punya itu. Pemprov Kaltim juga mempresentasikannya bagus,” kata Nidya, Selasa (31/10/2023).

Nidya optimistis akan ada banyak investor yang mau menanamkan modalnya di Kaltim. Musabab, menurutnya Bumi Etam memiliki potensi yang menjadi daya tarik di mata nasional dan dunia.

“Pemprov Kaltim sudah semaksimal mungkin untuk memaparkan dan mempromosikan potensi yang dimiliki Kaltim. Salah satu potensi yang ditawarkan adalah sektor pariwisata,” jelasnya.

Meski begitu, hingga saat ini, Nidya Listiyono mengaku belum mengantongi data progres dari MIF, terkait investor yang tertarik menanamkan modalnya di Kaltim.

Sebagai informasi, dari berbagai data yang diperoleh redaksi, iklim ekonomi di Kaltim menunjukkan pertumbuhan yang meningkat dari 5,04 persen pada triwulan I-2023 menjadi 5,17 persen pada triwulan II-2023 yang didukung tingginya konsumsi rumah tangga dan pemerintah dan meningkatnya investasi sejalan dengan momentum pembangunan IKN.

Selain itu, Kaltim juga memiliki sumber daya alam yang melimpah, berupa batu bara, kelapa sawit, gas, dan hutan, yang merupakan produk dengan kontribusi signifikan terhadap perekonomian negara.

Adapun realisasi investasi sejak tahun 2018 hingga triwulan I 2023 di Kaltim untuk PMDN tercatat sebesar Rp155,79 triliun, sedangkan PMA tercatat US$4.114,26 miliar. (adv)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews