Voxnews

Andi Harun Inisiasi Transparansi Keuangan di Samarinda untuk Peningkatan Layanan Publik

Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Yah/VoxNews)

Caption: Wali Kota Samarinda, Andi Harun. (Yah/VoxNews)

SAMARINDA – Dalam rangka meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan, Wali Kota Samarinda, Andi Harun, telah memimpin sebuah rapat koordinasi yang membahas temuan dan hasil evaluasi Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2023 yang dilakukan oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Rapat ini berfokus pada implementasi rekomendasi BPK pasca-evaluasi LKPD.

“Kami menantikan respon cepat dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terhadap rekomendasi BPK. Kami menetapkan batas waktu dua hari untuk menuntaskan hal ini,” ungkap Andi Harun dalam pertemuan di Balai Kota Samarinda, Selasa (17/4/2024).

Andi Harun menegaskan bahwa langkah ini merupakan bagian dari prosedur standar dan bukan karena adanya temuan negatif. Ini adalah bagian dari audit rutin yang dijalankan oleh BPK.

Lebih lanjut, Wali Kota Samarinda menekankan pentingnya tindak lanjut ini untuk memastikan pengelolaan keuangan yang baik di Samarinda, yang akan berkontribusi pada pemeliharaan status opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK.

“Kami berambisi untuk mempertahankan status WTP untuk kali kesepuluh, dan ini juga menjadi kesempatan bagi kami untuk mengambil pelajaran dari rekomendasi yang diberikan. Terdapat beberapa segmen dalam manajemen keuangan yang memerlukan peningkatan,” jelasnya.

Andi Harun juga menyoroti pentingnya pengelolaan keuangan yang sesuai dengan regulasi dan standar akuntansi pemerintah, yang esensial tidak hanya untuk kepatuhan tetapi juga untuk memberikan dampak positif pada layanan publik dan pembangunan infrastruktur di Samarinda.

Ia menyatakan bahwa mayoritas OPD telah melaksanakan pengelolaan keuangan dengan baik, namun beberapa area masih membutuhkan perhatian dan peningkatan.

“Rekomendasi BPK ini menjadi bahan refleksi bagi kami untuk terus memperbaiki dan meningkatkan pengelolaan keuangan daerah,” kata Andi Harun.

Wali Kota juga menekankan perlunya peningkatan performa di tingkat kecamatan dan kelurahan, khususnya dalam aspek kebersihan dan kerja sama antar-komunitas, serta memastikan bahwa program Probebaya memberikan manfaat konkret bagi masyarakat.

Pemerintah Kota Samarinda berencana untuk melakukan pengecekan awal pasca-libur Idulfitri untuk memastikan bahwa semangat dan kinerja para pejabat dan pegawai tetap optimal dalam melayani masyarakat Samarinda. (Yah/Adv/DiskominfoSamarinda)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews