Voxnews

Dafip Haryanto: Pilar Satu Data Indonesia dalam Transformasi Sistem Informasi Negara

Foto: Sambutan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kukar, Dafip Haryanto.

Caption: Foto: Sambutan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kukar, Dafip Haryanto.

TENGGARONG – Kegiatan pembukaan Desk Verifikasi Metadata kegiatan Statistik Sektoral Tahun 2023, yang berlangsung selama dua hari dari tanggal 9-10 Oktober, memperlihatkan komitmen serius Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) dalam meningkatkan pengelolaan data. Acara ini diadakan di Hotel Harris Kota Samarinda dengan kehadiran utama Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kukar, Dafip Haryanto.

Dalam pidatonya, Dafip Haryanto menegaskan arti penting acara tersebut.

“Kegiatan ini adalah langkah konkret menuju keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan pengendalian, didukung oleh data yang akurat, terintegrasi, dan berkelanjutan,” kata Dafip Haryanto.

Metadata statistik sektoral adalah pilar fundamental dalam memberikan gambaran mendalam tentang kegiatan statistik sektoral, dan konsep “satu data Indonesia” menjadi fondasi utama dalam upaya penyelenggaraan data pemerintah yang berkualitas.

“Satu data Indonesia bukan hanya sebuah visi; ini adalah realitas yang harus kita wujudkan. Data yang konsisten, mudah diakses, dan terintegrasi antar-instansi adalah modal dasar dalam menghadapi tantangan kompleks di era sistem informasi yang terus berkembang,” ungkap Dafip Haryanto dengan keyakinan.

Sebagai pemimpin tertinggi Kominfo Kukar, Dafip Haryanto menekankan pentingnya keselarasan Metadata kegiatan Statistik Sektoral dengan prinsip-prinsip satu data Indonesia.

“Melalui kerjasama yang kokoh dan data yang dapat diandalkan, kita dapat mewujudkan perubahan positif dalam kebijakan, pelayanan publik, dan transformasi sistem informasi negara secara keseluruhan,” tutupnya.(ADV/DiskominfoKukar)

Ikuti VOXnews di Google Berita

.

Bagikan berita ini:

-

VOXnews